Minggu, 23 Oktober 2011

ANALISIS BAB II Landasan Teori " JURNAL SENDIRI "

BAB II

LANDASAN TEORI

2.1 Landasan Teori
Menurut Keynes, pengangguran adalah hasil dari beberapa faktor yang diklasifikasikan sebagai struktural, musiman, siklikal, friksional, dan demand-deficient.

Menurut Ida Bagoes Mantra, pengangguran adalah bagian dari angkatan kerja yang sekarang ini tidak bekerja dan sedang aktif mencari pekerjaan. Konsep ini sering diartikan sebagai keadaan pengangguran terbuka.

Menurut Dumairy Pengangguran adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, lengkapnya orang yang tidak bekerja dan (masih atau sedang) mencari pekerjaan.

2.2 Tinjauan Riset Terdahulu

Apabila struktur pembangunan dapat dijalankan secara merata khususnya di luar Jawa, maka jumlah pengangguran akan dapat ditekan secara signifikan, yang berarti juga dapat menurunkan tingkat pengangguran sehingga Indonesia dapat terlepas dari cengkeraman persistensi pengangguran serta dapat bergerak menuju lingkaran kebijakan yang dicita-citakan (Zatermans Rajagukguk,2008).

Berdasarkan perhitungan tingkat pengangguran, ternyata di wilayah pedesaan tingkat penganggurannya lebih rendah, dibandingkan dengan di perkotaan. Kemungkinan besar diakibatkan banyaknya migran pencari kerja dari pedesaan yang mencari kerja di kota (Nugraha Setiawan,2005).

Jumlah penduduk memiliki hubungan yang positif dan kuat terhadap jumlah pengangguran, hal ini menunjukkan keterkaitan antara jumlah penduduk dan pengangguran sangat besar. Serta pertumbuhan ekonomi memiliki hubungan positif dan cukup kuat terhadap pengangguran hal tersebut mengindikasikan adanya keterkaitan antara pertumbuhan ekonomi dengan pengangguran (Farid Alghofari, 2007).

2.3 Pengembangan Hipotesis

Berdasarkan tinjauan dari riset terdahulu, dapat dikemukakan hipotesis berikut ini:
H1: Keterkaitan antara pembangunan yang merata dan pengangguran.
H2: Keterkaitan antara pencari kerja dan pengangguran
H3: Keterkaitan antara jumlah penduduk dan pengangguran

Sumber:
Menyoal Penyebab, dan Kebijakan Penanggulangan Persisten Pengangguran, Zantermans Rajagukguk 2008
ANALISIS TINGKAT PENGANGGURAN DI INDONESIA TAHUN 1980-2007, Farid Alghofahri 2007
STRUKTUR UMUR SERTA TINGKAT PENDIDIKAN PENGANGGUR BARU DAN TINGKAT PENGANGGURAN DI INDONESIA, Nugraha Setiawan 2005
Jurnal Manajemen, Jurnal Manajemen Sumber Daya Manusia, Bahan Kuliah Manajemen

Nama : Rina Sukasih
NPM : 14209487
Kelas : 3EA11

Tugas ini ditujukan untuk Bpk.Prihantoro

Tidak ada komentar:

Posting Komentar