NAMA : Rina Sukasih
NPM : 14209487
KELAS : 3 EA 11
ANALISIS :
JURNAL 1
Judul, Nama Pengarang, Tahun.
Analisis Preferensi Konsumen Terhadap Restoran Keluarga dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran Hot Cwie Mie Malang & Roellie's Restaurant di Wilayah Jakarta dan Sekitarnya, NI LUH PURNAMI, 2004.
Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik Konsumen di Berbagai Wilayah di Indonesia
Latar Belakang Masalah
Meningkatnya jumlah bisnis restoran menyebabkan persaingan bisnis yang semakin ketat pada industri ini. Setiap restoran menawarkan kepada konsumennya konsep yang berbeda-beda mulai dari menawarkan rasa makanan yang unik, tempat yang nyaman dan unik, hingga perang harga dilakukan para pebisnis restoran.
Masalah
Bagaimana segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's?
Tujuan Penelitian
Menganalisis segmentasi dan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's.
Metodologi Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian ini dilakukan dengan metode survei. Wawancara dilakukan dengan panduan kuesioner terstruktur guna mendapatkan data primer sedangkan waktu penelitian adalah dari bulan September sampai Desember 2003.
2. Populasi dan Sampel
Populasi terdiri atas 100 orang koresponden yang datang ke restoran Hot CMM & Roellie's dengan teknik non probability sampling dengan cara convinience sampling.
3. Metode Analisis Data
Untuk menggali informasi dari data, metode yang digunakan meliputi analisis thurstone digunakan untuk mengetahui peringkat kepentingan atribut, analisis cluster dan analisis faktor untuk mengetahui segmentasi pelanggan, analisis korespondensi untuk memetakan positioning dari restoran Hot CMM & Roellie's, dan analisis performance importance untuk mengetahui tingkat kepentingan dan kinerja (performa) dari atribut.
Hipotesis
Secara keseluruhan restoran Hot CMM & Roellie's memilki kedekatan dengan atribut pelayanan yang ramah dengan tata interior yang menarik.
Hasil dan Analisis
Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumen restoran Hot CMM & Roellie's dapat dikelompokkan menjadi tiga segmen berdasarkan aspek psikografis, yaitu attention seeker (32%), the affluent (30%), dan the achievers (38%).
Segmen the achievers merupakan segmen yang potensial bagi pengembangan pemasaran restoran Hot CMM & Roellie's.
Sedangkan hasil dari analisis faktor menunjukkan terdapat 4 (empat) faktor yang harus diperhatikan oleh Hot CMM & Roellie's untuk pengembangan pasarnya. Keempat faktor tersebut adalah faktor fasilitas fisik, faktor sumberdaya manusia, faktor produk serta yang terakhir adalah faktor harga.
Implikasi
Implikasi manajerial, yaitu : (1) Segmentasi Hot CMM & Roellie's merupakan informasi penting untuk perancangan strategi pemasaran terutama dalam pemilihan pasar sasaran dan strategi komunikasi.
Sumber :
http://elibrary.mb.ipb.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=mbipb-12312421421421412-niluhpurna-543
Jurnal 2
Judul, Nama Pengarang, Tahun.
Pengaruh Kepuasan Konsumen Terhadap Kesetian Merek
(Studi Kasus Restoran The Prime Steak & Ribs Surabaya), F Foedjiwati,2005
Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik Konsumen di Berbagai Wilayah di Indonesia
Latar Belakang Masalah
Konsumen restoran ini makin hari makin bertambah, dan terlihat ada kesetiaan dari pelanggannya dilihat dari frekuensi kunjungan mereka.
Masalah
Bagaimana tingkat kesetiaan pelanggan restoran ini berdasarkan tingkat kepuasan mereka?
Tujuan Penelitian
Dapat menjadi masukkan manajemen mengevaluasi keberhasilan dalam mengelolah restoran menghadapi pesaing yang makin ketat dan agresif.
Metodologi Penelitian
1. Jenis Penelitian
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dan konklusif, yang tujuannya untuk mendeskripsikan atribut-atribut kepuasan konsumen dan kesetiaan merek, kemudian dicari hubungan kausal antara kepuasan konsumen dengan kesetiaan merek tersebut.
2. Populasi dan Sampel
Populasi penelitian ini adalah seluruh konsumen restoran The Prime Steak &Ribs yang berdomisili di Surabaya dengan sample diambil dengan cara acak sederhana berdasarkan nomor pengunjung dalam satu minggu pertama dan satu minggu terakhir dalam bulan Mei 2003, sebanyak 110 sampel.
3. Variabel
Peneliti melakukann deskripsi terhadap atribut pembentuk variabel kepuasan konsumen, maupun atribut pembentuk loyalitas merek melalui penilaian konsumen dengan berfokus kepada ukuran mean, range, dan standar deviasi, yang akan memberi gambaran tentang ukuran pemusatan maupun ukuran variasi masing-masing atribut
Tabel 1. Deskripsi Variabel Kepuasan Konsumen
Atr. Kepuasan N Range Mean St. dev
HARGA 100 4 3.76 .95
KUALITAS 100 3 4.02 .93
KEANDAL 100 3 3.64 .96
JAMINAN 100 4 3.88 1.02
KECEPATAN 100 3 3.74 .92
KESEDIAN 100 3 3.94 .89
KEMAMPUAN 100 4 3.86 .92
KESOPANAN 100 3 4.22 .81
PENYAMPAIAN 100 3 4.06 .84
KEMUDAHAN 100 4 4.08 1.00
PERMINTAAN 100 4 3.94 .97
Hipotesis
Analisis yang dilakukan berdasarkan data dari 100 responden yang memenuhi
syarat untuk diolah lebih lanjut, 10 data responden dianggap tidak dapat digunakan
karena tidak lengkap.
Hasil Analisis
Kepuasan konsumen untuk beberapa atribut masih mempunyai variasi penilaian
yang tinggi, hal ini tentu berkaitan dengan segmentasi konsumen yang berbeda
dengan tuntutan pelayanan yang berbeda pula.
Atribut keseringan makan di restoran The Prime Steak & Ribs mempunyai nilai
yang rendah dapat merupakan suatu kelemahan dalam mengukur kesetiaan merek.
Rekomendasi
Diharapkan untuk penelitian selanjutnya agar dimasukkan variabel pengalaman belanja sebagai mediasi antara personal dan parchase decision dan kelompok referensi sebagai moderador antara kultur dengan purchase decision.
Sumber: uslit.petra.ac.id/journals/pdf.php?PublishedID=MAN05070105
Jurnal 3
Judul, Nama Pengarang, Tahun.
Peran Anggota Keluarga Dalam Pemilihan Restoran Di Kawasa Puncak, Kabupaten Bogor, Rahmat Ingkadijaya, 2007.
Tema : Daya Tarik Sebuah Restoran Dalam Menarik Konsumen di Berbagai Wilayah di Indonesia
Latar Belakang Masalah
Semakin meningkatnya jumlah wisatawan maka semakin berkembang juga bisnis di bidang kepariwisataan, salah satu bisnis dibidang kepariwisataan yang tumbuh dengan pesat adalah bisnis restoran yang berkembang khususnya di kota-kota besar.
Masalah
Bagaimana mengetahui peranan dari masing-masing anggota keluarga bagi pemasar dalam menyusun strategi pemasaran yang tepat?
Tujuan Penelitian
Menganalisis peran dari setiap anggota keluarga dalam pengambilan keputusan pemilihan restoran.
Metodologi Penelitian
1. Jenis Penelitian
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan 2 jenis data yaitu, data primer dan data sekunder.
2. Populasi dan Sampel
Populasi terdiri atas 103 keluarga atau 412 orang yang terdiri dari Ayah, Ibu dan Anak-anak.
3. Metode Analisis Data
Penelitian dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan 2 jenis data yaitu, data primer dan data sekunder.
Hipotesis
Ho : Tidak terdapat perbedaan persepsi mengenai atribut restoran yang penting diantara Ayah, Ibu dan Anak.
Ha : Terdapat perbedaan persepsi mengenai atribut restoran yang penting diantara Ayah, Ibu dan Anak.
Hasil dan Analisis
Rumusan masalah penilitian dilakukan analisis data yang menggunakan analisis deskriptif dan analisis varians satu jalan Kruskal-Wallis.
Hasil penilitian menunjukkan bahwa sebagian besar responden berasal bertempat tinggal di Jakarta (57,4%), sedangkan sisanya berasal dari Tangerang (12,8%), Bekasi (10,6%), Bogor (10,6%), Depok (4,3%), Bandung (2,1%) dan Sukabumi (2,1%). Kenyataan ini menguatkan anggapan bahwa kawasan puncak merupakan daerah wisata favorit bagi penduduk jakarta.
Pendekatan promosi sebaiknya disesuaikan dengan peran tiap angota keluarga dalam pengambilan keputusan, pihak manajemen harus memfokuskan pendekatan promosi itu untuk membentuk persepsi dalam benak penyaring informasi (gatekeeper) dan pemberi pengaruh (influencer).
Implikasi
Oleh karena itu untuk lebih memahami pengambilan keputusan yan dilakukan oleh keluarga terutama yang terjadi dimasyarakat Indonesia perlu dilakukan penelitian-penelitian mengenai pengambilan yang melibatkan keluarga besar seperti yang terjadi pada pengambilan makan di restoran
Sumber: journal.ipb.ac.id/index.php/jmagr/article/view/3324/2249
Ini adalah tugas yang diberikan oleh Pak Prihantoro
Tidak ada komentar:
Posting Komentar